Mengenal Angka dan Simbol dalam Bahasa Inggris
Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah: Mengenal Angka dan Simbol dalam Bahasa Inggris
oleh Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. dan Restu Bias Primandhika, S.S
Angka Dasar (Basic Number)
Dimulai dengan mengenal angka satu digit:- Satu = One
- Dua = Two
- Tiga = Three
- Empat = Four
- Lima = Five
- Enam = Six
- Tujuh = Seven
- Delapan = Eight
- Sembilan = Nine
- 10. Sepuluh = Ten (Kesalahan umum pada penulisan: Teen)
- 11. Sebelas = Eleven
- 12. Dua Belas = Twelve (Kesalahan umum pada penulisan: Twoteen)
- 13. Tiga Belas = Thirteen (Kesalahan umum pada penulisan: Threeteen)
- 14. Empat Belas = Fourteen
- 15. Lima Belas = Fifteen (Kesalahan umum pada penulisan: Fiveteen)
- 16. Enam Belas = Sixteen
- 17. Tujuh Belas = Seventeen
- 18. Delapan Belas = Eighteen
- 19. Sembilan Belas = Nineteen
Hampir mirip dengan angka belasan, angka puluhan yang dimulai dari 20 (Dua Puluh) hingga 99 (Sembilan Puluh Sembilan) ini akan mempunyai kombinasi dalam penyebutan, berikut adalah contoh-contoh bilangan dua digit:
- 20. Dua Puluh = Twelve
- 21. Dua Puluh Satu = Twenty One
- 22. Dua Puluh Dua = Twenty Two
- 34. Tiga Puluh Empat = Thirty Four (Kesalahan umum pada penulisan: Threety)
- 47. Empat Puluh Tujuh = Forty Seven (Kesalahan umum pada penulisan: Fourty)
- 54. Lima Puluh Empat = Fifty Four (Kesalahan umum pada penulisan: Fivety)
- 80. Delapan Puluh = Eighty
*Selengkapnya ada di presentasi di bawah
348
- dibaca: Tiga Ratus Empat Puluh Delapan
- dalam Bahasa Inggris: Three Hundred (300) + Forty (40) + Eight (8)
716
- dibaca: Tujuh Ratus Enam Belas
- dalam Bahasa Inggris: Seven Hundred (700) + Sixteen (16)
Setelah mengenal pengucapan maupun penulisan angka ratusan, maka akanlah mudah jika menuliskan jumlah angka hingga trilyunan sekalipun. Yang perlu diingat disini adalah istilah-istilah dari banyaknya nol, yaitu:
X.000 = Ribuan (Thousand)
X.000.000 = Jutaan (Million)
X.000.000.000 = Milyar (Billion)
X.000.000.000.000 = Triliyun (Trillion)
Mari langsung menuju contoh yang sangat rumit:
895.654.135.978.465
- dibaca: Delapan ratus sembilan puluh lima triliyun, enam ratus lima puluh empat milyar, seratus tiga puluh lima juta, sembilan ratus tujuh puluh delapan ribu, empat ratus enam puluh lima.
- dalam Bahasa Inggris:
- Eight hundred ninety five (895) + Trillion
- Six hundred fifty four (654) + Billion
- One hundred thirty five (135) + Million
- Nine Hundred seventy eight ( 978) + Thousand
- Four hundred (400)
- Sixty (60)
- Five (5)
Nomor Urut (Ordinal Numbers)
Nomor urut digunakan untuk menunjukan posisi, rangking ataupun urutan ke-berapa. Dimulai dari:- Pertama - first (disingkat: 1st)
- Kedua - second (disingkat: 2nd)
- Ketiga - third (disingkat: 3rd)
- Keempat - fourth (disingkat: 4th)
- Kelima - fifth (disingkat: 5th)
- Keenam - sixth (disingkat: 6th)
- Ketujuh - seventh (disingkat: 7th)
- Kedelapan - eighth (disingkat: 8th)
- Kesembilan - ninth (disingkat: 9th)
Pecahan dan Desimal (Fraction and Decimals)
1. PecahanMengucapkan pecahan mempunyai istilah-istilah tersendiri serta melibatkan penggunaan istilah nomor urut. Bagian-bagian dalam pecahan meliputi: Pembilang (numerator) dan penyebut (denominator). Ada dua alternatif dalam cara menyebutkan pecahan dalam Bahasa Inggris, yang paling umum digunakan adalah kedua cara berikut ini contoh pecahan berikut:
$\frac{14}{26}$
- Fourteen over twenty-six
- Fourteen-twenty sixths
2. Desimal
Penulisan/pengucapan desimal sangatlah sederhana. Kita hanya perlu mengingat istilah (.) yang dalam desimal disebutk point atau titik. Berbeda dengan di Indonesia, desimal dipisahkan oleh koma (,). Maka dari itu, jangan sampai tertukar. Contoh sederhana dari cara menuliskan desimal dalam Bahasa Inggris yaitu:
3.14ditulis: Three point one four, bukan three point fourteen. Jadi bisa disimpulkan bahwa angka dibelakang koma akan disebutkan satu persatu. Seperti:
24.6234ditulis: Twenty four point six two three four.
Simbol (Symbol)
Tentunya simbol dalam matematika ada banyak sekali. Yang akan dijelaskan disini adalah beberapa simbol yang sering digunakan (simbol lain-lain ada di presentasi powerpoint diatas). Dimulai dari operasi matematika sederhana:(+) (tanda jumlah: addition sign) dalam pengoprasian ditulis plus
5 + 6 = 11Five plus six is eleven
(-) (tanda kurang: subtraction sign) dalam pengoprasian ditulis minus
7 - 6 = 1Seven minus six is one
(×), (*), (.) (tanda kali: multiplication sign) dalam pengoprasian ditulis times
7 × 6 = 42Seven times six is forty-two
(÷), (/) (tanda bagi: division sign) dalam pengoprasian ditulis divided by
9 ÷ 3 = 3Nine divided by three is three
(=) (tanda sama dengan: equal sign) dalam pengoprasian ditulis is, equals atau is equal to
8 + 2 = 10Eight plus two is (equal{s} to) ten. Sedangkan untuk menyatakan nilai, harus diawali dengan pernyataan The value of ... yang berarti 'nilai dari.' Seperti: x+4 > 5 sedangkan x-3 ≤ y - Dibaca: the value of x plus four is greater than five, meanwhile the value of x minus three is less than or equal to y.
(^) (perpangkatan: exponentiation) dalam pengoprasian ditulis ...raised to (the power of)...
5^2diucapkan five raised to (the power of) two yang berarti 'lima dipangkatkan dua.' Selain itu bisa juga, dengan lebih sederhana, diucapkan five-squared yang berarti lima kuadrat. Sedangkan untuk pangkat tiga (3) bisa juga diucapkan dengan cubed. Contohnya: 53 = 125 dibaca five rasied to the power of three is one hundred twenty five atau five-cubed equals one hundred twenty five.
(√) (akar: root/radical sign) dalam pengoprasian ditulis the ... root of ...
Dalam operasi yang menggunakan akar, kembali kita harus menggunakan nomor urut. Dimulai dari akar kuadrat (²√),
²√64 = 8bisa dinyatakan dengan the square root of sixty four is eight, sedangkan untuk akar kubik (∛) dinyatakan dengan the cube root of ... dan untuk akar empat seterusnya, diucapkan dengan nomor urut misalnya ∜16 = 2, the fourth root of sixteen equals two.
Sumber Rujukan:
Widdiharto, Rachmadi. 2008. Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Komentar
Posting Komentar